Kenali Pengaruh Polusi Terhadap Kulit Lebih Jauh

Kulit sebenarnya adalah organ paling besar di tubuh yang mempunyai fungsi utama sebagai pelindung. Anda mungkin beranggapan jika kulit hanya terkena zat berbahyaa ketika sedang berada di lingkungan kerja atau di luar ruangan. Walaupun benar demikian, paparan zat berbahaya ini juga dapat muncul ketika Anda berada di rumah saat melakukan berbagai kegiatan sehari-hari.

Kenali Pengaruh Polusi Terhadap Kulit Lebih Jauh

Tempat yang Anda tempati sekarang ini mungkin bisa mempengaruhi kesehatan Anda tanpa Anda sadari. Contoh sederhananya seperti debu yang terkena sinar matahari, polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor di jalanan, hingga perokok yang berada di sekitar Anda. Hal-hal ini mungkin terkesan sederhana bagi Anda, padahal jika dibiarkan begitu saja akan menyebabkan kulit menjadi kusam, bahkan bila paparan zat berbahaya ini mengenai tubuh Anda secara terus emnerus akan menyebabkan alergi kulit, penuaan dini, wajah menjadi lebih kasar, muncul jerawat yang membandel dan terlihat kusam.

Polusi dari dalam rumah

Polusi udara yang berada di dalam rumah bisa sama buruknya, bahkan bisa lebih buruk dibanding dengan luar rumah. Contohnya abnyak produk rumah tangga yang bisa mengeluarkan gas senyawa oerganik volatil yang berbahaya untuk Anda. Berikut hal-hal berbahaya yang berada di dalam rumah, seperti:

  • Asap rokok,
  • Ventilasi yang buruk, keadaan ini menyebabkan tidak cukupnya udara segar di dalam rumah,
  • Asap knalpot, bila rumah Anda dekat dengan jalan raya, asap knalpot ini bisa masuk kedalam rumah,
  • Zat ozon yang berasal dari mesin fotokopi dan printer,
  • Bau perabotan barang yang sering kita sebut dengan bau barang-barang yang baru. Biasanya bau ini memang menghilang dalam waktu beberapa hari, namun emisi yang mereka timbulkan biosa menjadi polusi rumah selama bertahun-tahun lamanya,
  • Serat kecil yang berterbangan di udara setiap Anda menyapu.

Tips jauhkan kulit dari polusi

Ada cara-cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi dampak kerusakan kulit akibat dari polusi ini, seperti:

Pergunakan tabir surya

Kombinasi polusi udara serta UV (Cahaya Ultraviolet) bisa melipatgandakan dampak radiasi UV pada kulit. Oleh karena itu pergunakan tabir surya yang memiliki SPF 30. Anda dapat memilih tabir surya yang memiliki kandungan zinc maupun titanium dioxide yang bisa menghalangi penyerapan sinar UV pada kulit,

Hindari rokok

Merokok merupakan hal nomor dua paling buruk sesudah matahari. Merokok bisa menyebabkan kulit kering, keriput. Oleh sebab itu hindari asap rokok yang bisa merusak struktur kulit

Rajin bersihkan kulit

Memang, menghindari polusi bisa dikatakan sangat mustahil. Oleh sebab itu, usahakan Anda meminimalisir dampak yang disebabkan polusi pada kulit Anda. Bantu kulit dengan membersihkan kulit secara teratur. Anda bisa mencuci wajah menggunakan sabun yang lembut. Luruhkan sel kulit mati agar kulit dapat membentuk lapisan kulit baru dengan scrubbing. Saat melakukan scrubbing, hindari menggunakan produk yang akan membuat kulit Anda kering. Selain itu, dalam keseharian Anda, senantiasa gunakan pelembab.

Polusi udara ada di mana-mana, entah di ruangan terbuka atau pun di ruangan tertutup. Anda tidak akan pernah terlindung sepenuhnya dari polusi ini. Anda juga merupakan bagian pertama yang akan terpapar oleh semua zat berbahaya ini. Oleh karena itu, biasakan menjaga kebersihan baik lingkungan rumah, lingkungan kerja, hingga lingkungan yang berada di sekitar Anda. Jangan lupa selalu melakukan perawatan yang baik pada kulit baik perawatan di dari dalam atau pun dari luar.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *