6 Cara Agar Cepat Tidur Pulas di Malam Hari

Dalam waktu satu hari selama 24 jam, idealnya 8 jam Anda gunakan untuk tidur. Tetapi bagaimana jika kita merasa susah tidur? Saat berumur 18 hinggga 64 tahun, tubuh kita memerlukan istirahat 7 hingga 9 jam lamanya dalam sehari. Waktu tidur dapat berkurang saat sudah menginjak usia 65 tahun menjadi 7 hingga 8 jam dalam sehari. Meskipun hanya berdiam serta tidak melakukan kegiatan apapun, sebetulnya tidur memberikan peran penting untuk menjaga kesehatan serta kesejahteraan tubuh.

6 Cara Agar Cepat Tidur Pulas di Malam Hari

Saat kita tidur lelap, sebenarnya otak sedang bersiap-siap bekerja kembali untuk keesokan harinya. Dengan demikian, kita dapat berpikir, bekerja, belajar serta memproses informasi dengan baik. Tidur juga dapat memperbaiki serta menyembuhkan jantung, menjaga keseimbangan hormon, mempengaruhi tubuh bereaksi pada hormon insulin, membantu memperbaiki sel serta jaringan yang rusak.

Sayangnya, kadang ada beberapa hal yang membuat kita tidak bisa tidur selama 7 hingga 9 jam dalam sehari. Mulai dari kebiasaan insomia atau pun bergadang, atau banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Jika Anda merasa sulit untuk terlelap tidur, ada beberapa cara agar cepat tidur yang dapat Anda praktekkan.

1. Mengkonsumsi karbohidrat

Mengkonsumsi karbohidrat, apalagi 4 jam sebelum tidur bisa membuat kita akan terlelap lebih cepat. Para peneliti menganggap, karbohidrat dapat meningkatkan level hormon serotonin dan trytophan yang bisa membuat kita menjadi merasa lebih mengantuk.

2. Hindari mengkonsumsi minuman dan makanan ini sebelum tidur

Mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan lemak atau makanan yang membuat Anda alergi bisa memicu peradangan. Jika peradangan ini terjadi, tubuh akan bekerja lebih keras sehingga membuat kita menjadi sulit tidur. Cara cepat tidur yang lain ialah hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol sebelum tidur.

3. Mandi air hangat

Cara ini juga menjadi cara cepat tidur yang cukup efektif. Anda bisa mandi air hangat dengan suhu sekitar 37 derajat celcius saat malam hari. Selesai mandi nantinya tubuh akan merasa lebih rileks sehingga bisa membantu kita tidur dengan lebih cepat serta nyenyak.

4. Bernafas secara perlahan

Apakah Anda mengetahui jika bernapas dengan pelan-pelan bisa membantu mengurangi tekanan darah serta denyut jantung bersamaan? Bahkan, bernapas secara perlahan ini bisa membuat seluruh sistem tubuh menjadi semakin rileks. Bernapas dengan santai pun menjadi salah satu cara agar kita lekas tidur. Caranya, duduk dengan posisi punggung tegak lurus dan tutup mulut, tekan ujung lidah di langit-langit mulut yang berada di bagian belakang gigi depan. Sesudah itu tarik napas melalui hidung sebanyak 4 hitungan. Tahan nafas selama kurang lebih 7 hitungan setelah itu buang nafas secara perlahan selama 8 hitungan. Ulangi cara ini sebanyak 4X,

5. Buat jam tidur

Agar Anda terbiasa untuk tidur dan menghindari tidur dengan jam yang larut, Anda bisa mengatur jam tidur Anda. Coba tidur dengan waktu yang sama setiap hari dan bangun di waktu yang sama. Nantinya cara ini akan membuat tubuh dan otak terbiasa bangun dan tidur di waktu yang sama.

6. Matikan gadget

Sebenarnya, menggunakan gadget sebelum tidur bisa menyebabkan Anda menjadi sulit tidur. Bagaimana jika terbangun di tengah malam? Saat terbangun di tengah malam, tahan diri Anda untuk memainkan gadget. Matikan gadget dan taruh di tempat yang jauh dari Anda. Gadget yang menyala bisa menurunkan produksi hormon tidur sehingga tidur pun menjadi terganggu.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *