4 Kegiatan yang Dapat Mengasah Otak Anak Secara Alami

Sebagai orang tua yang baik, kita harus memperhatikan tumbuh kembang anak dari kecil hingga besar, baik itu memperhatikan dari segi fisik, mental, dan kepribadian termasuk juga perkembangan otak anak dalam menyerap apa yang ia dengar, apa yang ia lihat, dan apa yang ia lakukan. Saat ini terdapat banyak cara dalam memperhatikan tumbuh kembang anak, bisa dengan mengajaknya berolahraga, belajar, bermain, dan aktivitas lainnya. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah bagaimana caranya kinerja otak anak dapat berjalan stabil dan bagaimana cara membuat anak cerdas secara alami? Kita bisa mengajaknya melakukan kegiatan yang didalam kegiatannya terdapat pengetahuan, dan pembelajaran yang dapat mengasah kemampuan otak anak. Berikut kegiatan yang bisa membantu mengasah kemampuan otak anak:

  1. Menggambar dan Mewarnai

Disaat anak sedang melakukan kegiatan menggambar dan mewarnai, mereka diharuskan berkonsentrasi dalam melakukannya, karena kegiatan ini melibatkan seluruh anggota tubuh serta perasaan anak – anak secara bersamaan, sehingga mereka dapat memahami bagaimana menggunakan kemampuan otak dalam melakukan kegiatan menggambar dan mewarnai seperti ini.

  1. Belajar Memasak

Berbicara tentang kegiatan apa yang dapat mengasak kemampuan otak anak, salah satunya dengan memasak. Memasak termasuk seni yang membutuhkan latihan dan dedikasi. Sudah saatnya kita memperkenalkan dapur pada anak, kita dapat mengasah kemampuan otaknya dengan cara menanyakan nama nama sayuran, buah – buahan, rempah, bumbu, dan alat masak, perhatikan dan awasi juga ketika anak membantu kita memasak, bimbing ketika memasak dan beri jarak antara kompor dan anak.

  1. Mendengarkan Cerita

Mendengarkan cerita bukan hanya untuk pengantar ketika hendak tidur. Ketika kita membacakan cerita, anak pastinya akan mendengarkan cerita tersebut, itu melatih anak untuk berkonsentrasi pada apa yang kita katakan. Melalui kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kemampuan anak untuk mengingat kemudian dapat menstimulasi ke bagian otak yang berbeda dengan bagian otak yang terstimulasi ketika anak membaca buku bergambar.

  1. Bermain

Bukan hanya belajar, bermain juga menjadi salah satu kegiatan yang dapat mengasah kemampuan otak anak. Kita juga bisa ikut andil saat anak bermain. Saat ini banyak sekali jenis permainan yang dapat mengasah kemampuan otak anak, salah satu diantaranya adalah

  • Puzzle

Permainan ini sangat cocok bagi seseorang yang menyukai hal yang rumit, dan bagaimana caranya untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut. Permainan Puzzle seperti ini dapat melatih daya ingat, daya nalar, dan juga melatih kesabaran anak. Walau manfaatnya tidak terlalu menonjol bagi anak, namun akan terlihat ketika anak sudah besar

  • Catur

Selain bisa dijadikan sebagai permainan, catur juga termasuk olahraga mengasah otak. Permainan catur sangat baik untuk meningkatkan daya ingat. Dengan berbagai macam langkah awal, menyusun sebuah strategi, dan akhirnya bisa skak mat. Tanpa kita sadari logika, imajinasi dan kreatifitas pun mulai berkembang dengan bermain catur, itu membuat otak anak bekerja lebih aktif.

  • Lego

Permainan ini umumnya berbentuk kotak dengan bulatan kecil yang bisa disusun dengan kotak yang lainnya. Permainan lego ini dapat melatih daya imajinasi anak, misalnya ketika anak mulai berimajinasi membuat istana, tangan dan otaknya mulai bekerja bagaimana caranya agar imajinasinya bisa menjadi nyata.

  • Rubik

Rubik saat ini banyak sekali macamnya, ada yang berbentuk kotak dengan warna yang berbeda, rubik kotak ini akan diacak warna dan seseorang harus menyelesaikan bagaimana caranya agar rubik dapat sewarna kembali, permainan ini menggunakan rumus matematika dan juga permainan ini dapat melatih daya ingat, melatih kecerdasan dan juga kesabaran. Kemudian ada rubik yang panjang, rubik jenis ini adalah rubik yang bisa dibentuk, seperti membuat kucing, ular, huruf, ini dapat melatih imajinasi anak, bagaimana caranya agar rubik ini dapat terbentuk sesuai keinginannya.

  • Permainan yang terdapat dalam aplikasi handphone

Kini terdapat berbagai macam permainan asah otak anak berbentuk aplikasi, ini sangat memudahkan orang tua, karena biasanya orang tua hawatir jika anak bermain diluar rumah, tetapi bermain menggunakan handphone juga harus diimbangi dengan bermain diluar, kalau anak lebih sering bermain dengan handphone akan membuatnya kecanduan, dan akhirnya akan berakibat buruk bagi anak. Awasi juga ketika anak bermain dengan handphone.

Terdapat banyak sekali kegiatan positif dan cara membuat anak cerdas, dimulai dari kegiatan indoor ataupun outdoor, tetapi anak jangan dibiarkan bermain seorang diri, ajak bersama teman – temannya dan awasi juga ketika anak bermain.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *